Makalah Etika Jamuan


BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari sehari hari etika dalam perjamuan makan perlu diterapkan agar bersikap sopan dan santun saat menyantap hidangan makan.Dalam makalah ini kita akan membahas definisi etika,etika dalam perjamuan makan yang terdiri dari cara duduk,cara makan,cara berbicara serta cara menyantap hidangan.Tidak lupa pula kita akan membahas mengenai cara cara menggunakan peralatan makan yang benar.Ada beberapa persamaan yang didalam etika perjamuan ala barat dan timur,yang keduanya mengandung beberapa unsur persamaan.

  1. B.     Rumusan Masalah
    1. Apakah yang dimaksud dengan etika perjamuan makan ?
    2. Bagaimana etiket jamuan makan ?
    3. Bagaimana etika perjamuan makan ala barat ?
    4. C.    Tujuan Masalah
      1. Menjelaskan etika perjamuan makan
      2. Mengetahui etiket jamuan makan
      3. Mengetahui etika perjamuan makan ala barat

BAB II

PEMBAHASAN

  1. DEFINISI ETIKA

Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control“, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,salah,baik,buruk dan tanggung jawab.

Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itu diperlukan adanya etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi.Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia.Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia yang dibatasi oleh norma masyarakat yang ada.

Menurut para ahli, etika tidak lain adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani “ethos” yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini:

– Drs.O.P.Simorangkir : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

– Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

– Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

  1. JENIS ETIKA
  1. Etika Diskriptif

Etika ini hanya memaparkan, karenanya dikatakan bersifat diskriptif. Etika ini berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan perilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam kehidupan sebagai sesuatu yang bernilai. Etika ini berbicara tentang kenyataan sebagaimana adanya tentang nilai dan pola perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas konkrit. Dengan demikian etika ini berbicara tentang realitas penghayatan nilai, namun tidak menilai. Contohnya alur pembuatan KTP.Pada pembuatan KTP banyak ditemui kenyataan yang menyimpang dari peraturan yang seharusnya,pembuatan KTP yang seharusnya gratis nanum sebaliknya masyarakat harus membayar sebagai biaya administrasi.

2.   Etika Normatif

Etika ini berusaha untuk menetapkan sikap dan pola perilaku yang ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam bertindak. Jadi etika ini berbicara tentang norma-norma yang menuntun perilaku manusia serta memberi penilaian dan himbauan kepada manusia untuk bertindak sebagaimana seharusnya. Dengan demikian etika normatif memberikan petunjuk secara jelas bagaimana manusia harus hidup secara baik dan menghindari diri dari yang tidak baik.

Dalam pergaulan sehari-hari kita menemukan berbagai etika normatif yang menjadi pedoman bagi manusia untuk bertindak. Norma-norma tersebut sekaligus menjadi dasar penilaian bagi manusia baik atau buruk, salah atau benar. Secara umum norma-norma tersebut dikelompokkan menjadi dua yaitu:

a) Norma khusus

Norma khusus adalah norma yang mengatur tingkah laku dan tindakan manusia dalam kelompok/bidang tertentu. Seperti etika medis, etika kedokteran, etika lingkungan, etika wahyu, aturan main catur, aturan main bola, dll. Di mana aturan tersebut hanya berlaku untuk bidang khusus dan tidak bisa mengatur semua bidang. Misal: aturan main catur hanya bisa dipakai untuk permainan catur dan tidak bisa dipakai untuk mengatur permainan bola.

b) Norma Umum

Norma umum justru sebaliknya karena norma umum bersifat universal, yang artinya berlaku luas tanpa membedakan kondisi atau situasi, kelompok orang tertentu,contohnya :

  • Norma sopan santun / Norma Perjamuan:

Norma ini menyangkut aturan pola tingkah laku dan sikap lahiriah seperti tata cara berpakaian, cara bertamu, cara duduk, dll. Norma ini lebih berkaitan dengan tata cara lahiriah dalam pergaulan sehari-hari, penilaiannnya kurang mendalam karena dilihat sekedar dari lahiriah.

  1. ETIKA PERJAMUAN MAKAN ALA BARAT

Etika perjamuan yaitu aturan umum mengenai tata cara makan dan minum dalam situasi tertentu,guna :

•      Memperkenalkan jenis-jenis perjamuan ala barat

•      Mengenalkan alat-alat makan ala barat

•      Etiket perjamuan makan ala barat

•      Memperkenalkan macam-macam menu ala barat

a. Pentingnya Perjamuan Ala Barat

Perbedaan tradisi makan ala Timur dan Barat cukup banyak, terutama pada perjamuan resmi ala Barat memiliki banyak perebedaan yang nyata. Bila tidak mengetahuinya, Kita akan menjadi bahan tertawaan bagi mereka yang mengerti. Ada beberapa kasus terkenal dalam sejarah dapat dijadikan contoh:

  • Kasus Pertama adalah seorang diplomat dari Tiongkok yang menghadiri perjamuan ala barat yang diadakan oleh Adolf Hitler. Saat itu ia menyeka pisau dan garpunya dengan serbet makan. Ia sama sekali tidak menyadari bahwa perilaku ini amat tidak sopan, seolah-olah memberi teguran bahwa pisau dan garpunya kotor. Oleh sebab itu, Hitler segera memberi perintah untuk mengganti seluruh peralatan makan semua tamu, sehingga membuat diplomat Tiongkok tersebut malu dan serba susah.
  • Kasus Kedua adalah terjadi pada Li Hongzhang (1823-1901, seorang jenderal Tiongkok pada masa dinasti Qing akhir). yang menjadi bahan tertawaan ketika mengunjungi Jerman dalam misi diplomatik. Li Hongzhang menerima undangan perjamuan makan Otto von Bismarck (1815-1898, seorang Presiden Menteri Kerajaan Prussia (Kerajaan Jerman)), karena tidak mengerti etika makan ala Barat, ia meminum semangkuk air yang disediakan untuk mencuci tangan setelah memakan buah-buahan. Sebaliknya, pada waktu itu Bismarck tidak mengerti keadaan Tiongkok yang sesungguhnya, agar Li Hongzhang tidak mendapat malu, ia juga meminum habis air dalam mangkuk cuci tangan, melihat keadaan ini, semua pejabat militer maupun sipil yang lain terpaksa menemani mereka sambil menahan tawa.

Kini hubungan masyarakat Timur dan Barat menjadi semakin akrab, terutama era globalisasi ini, mengerti etika makan mereka sangat diperlukan. Menghadiri perjamuan makan ala Barat hendaknya memperhatikan etika dan etiket yang ada didalamnya,sehingga kita dapat saling menghargai adanya perbedaan kebudayaan yang signifikan di tiap negara dunia.

b. Cara Makan Dan Minum Perjamuan Ala Barat

Tidak sesuai dengan nasehat orang tua, para pakar etiket menganjurkan untuk memulai makan tanpa harus selalu menunggu orang lain. Mulailah makan saat makanan hangat disajikan. Untuk makanan dingin atau buffets, tunggulah hingga tuan rumah mempersilakan makan, dan tunggu pula hingga tamu utama mulai mengambil makanan.

Berikut makanan yang dapat dipegang dengan tangan:

Makan dengan tangan: Terlebih dahulu,mengikuti pedoman tuan rumah. Jika makanan tersebut disajikan dalam piring, ambil dan letakkan pada piring anda sebelum memakannya, yaitu:

1. Roti: break slices of bread, rolls and muffins in half or into small pieces by hand before buttering.

2. Bacon: jika potongan dagingnya tebal, makanlah dengan menggunakan pisau dan garpu. Jika garing, pecahkan dengan garpu dan makanlah dengan.tangan.
3. Makanan yang biasanya langsung dimakan dengan tangan: jagung pada ikan tongkol, tulang iga, lobster, kepiting dan tiram dengan cangkang terbuka, sayap ayam dan tulang (untuk situasi tidak resmi), sandwiches, kue kering,beberapa jenis buah tertentu, buah zaitun, dan seledri.

Setelah dapat membedakan makanan yang dapat dipegang oleh tangan dan makanan yang sebaiknya  menggunakan sendok dan garpu,berikut step by step tata cara makan ala barat yang telah dianjurkan:

  • Buka dan letakkan serbet/napkin diatas pangkuan Anda
  • Lipat sekitar 5 centimeter kedalam untuk mengelap bibir
  • Pergunakan cutlery/peralatan makan yang terletak paling luar sebelah kanan dengan pasangannya disebelah kiri (kalau ada) untuk makanan yang dihidangkan pertama,demikian seterusnya.
  • Peralatan makan yang terletak disebelah atas napkin/dinner/show plate adalah untuk hidangan penutup
  • Minum hendaklah dilakukan bila mulut tidak berisi makanan
  • Saat mengunyah makanan hendaknya jangan menimbulkan suara
  • Bibir hendaknya dibersihkan dulu sebelum minum dan jangan mengunyah pada saat gelas berada pada mulut anda
  • Hindari bersuara saat minum
  • Tidak menimbulkan suara gaduh pada saat cutlery beradu dengan piring
  • Garpu untuk mengambil dan membawa makanan ke mulut,pisau untuk memotong hendaknya dipegang secara wajar/pasti bukan seperti memegang alat tulis
  • Bila makan hendaknya makanan yang digerakkan menuju mulut bukan sebaliknya
  • Air es dan roti juga berfungsi menetralisir lidah dari rasa makanan urutan sebaliknya
  • Makanan bisa dipotong potong terlebih dahulu diatas piring kemudian dimakan memepergunakan garpu dengan tangan kanan
  • Walaupun rasa makanan terlalu pedas atau panas,usahakan jangan mengeluarkan suara keluhan terdengar orang lain

Tips mencegah dan membuang makanan yang terselip dari mulut:
1. Jika Serpihan buah zaitun yang terselip : keluarkan dengan hati-hati ke telapak tangan sebelum membuangnya ke piring.
2. Memakan Tulang ayam: gunakan garpu untuk membuang ke piring.
3. Jika akan memakan ikan yang berduri : duri buanglah dengan jari,sebelum memakannyadengan memperhatikan sekitarnya terlebih dahulu
4. Bagian yang lebih besar: tulang atau makanan yang tidak ingin anda makan keluarkan dengan hati-hati dan tersembunyi ke dalam serbet makan hingga tidak diketahui orang lain.

  1. MACAM MACAM JAMUAN MAKAN :
  • Makan pagi                             : 06.00 – 10.30
  • Makan siang                            : 11.30 – 17.00
  • Makan malam                          : 19.00 – 23.00

Jamuan Makan Lainnya :

•      Jamuan Teh Pagi hari ( Morning Tea )

•      Coffee morning (10:00-12:00)

•      Brunch ( Breakfast Lunch ) ,antara waktu makan pagi dan makan siang

•      Teatime,Jamuan Teh Sore Hari ( Afternoon Tea ),sekitar jam 14:30-17:00

•      Cocktail (18:00-19:00)

•      Makan Tengah Malam ( Supper )

  1. ETIKET PERJAMUAN MAKAN :

•      Cara duduk

•      Cara berbusana

•      Cara berbicara

•      Cara makan menggunakan alat makan/minum

1.      CARA DUDUK :

  • Duduk di kursi yang tidak terlalu jauh dari meja
  • Jangan bersandar di sandaran kursi
  • Hendaknya punggung tegak lurus
  • Letakkan lengan atau tangan pada sisi luar dari Table Cover
  • Letakkan tangan di pangkuan paha
  • Usahakan agar siku selalu dalam posisi yang dekat dengan tubuh
  • Atur tempat duduk anda senyaman mungkin

2.      CARA BERBUSANA :

  • Pria                  :

Busana resmi lengkap

Kemeja lengan panjang

Celana kain

  • Wanita             :

Busana nasional / daerah

Busana bagian atas menutup dada ( jangan terbuka )

3.      CARA BERBICARA :

  • Hindari berbicara pada saat mulut penuh berisi makanan
  • Jangan menyela pembicaraan orang lain
  • Bicaralah dengan nada dan intonasi sedang
  • Jangan memonopoli pembicaraan
  1. JENIS PERALATAN MAKAN & MINUM :

Dimulai dari yang posisinya paling luar kiri dan kanan,kemudian bergerak ke arah dimana piring utama kita berada y: sendok sop terlebih dahulu, kemudian pisau ikan dan garpu, dan barulah pisau dan garpu utama.

A. Serbet
B. Piring utama
C. Mangkuk sop dan tatakannya
D. Piring roti dan mentega dengan pisau roti
E. Gelas air
F. Anggur putih
G. Anggur merah
H. Garpu ikan
I. Garpu utama
J. Garpu salad
K. Pisau utama
L. Pisau ikan
M. Sendok sop
N. Sendok makanan pencuci mulut dan garpu kue

Perhatikan bahwa posisi garpu salad (J) disarankan untuk diletakkan disebelah kiri garpu utama (I). Bagaimanapun juga untuk jamuan resmi garpu utama digunakan sebelum garpu salad, oleh sebab itu, sebaiknya para tamu menunggu hidangan utama sebelum mengambil salad.

a.       Spoon/sendok

  • Alat makan ini dipergunakan untuk makanan yang mengandung cairan terutama sop
  • Disamping itu makanan penutup juga sering mempergunakan sendok sebagai alat makannya
  • Dalam penggunaanya dipegang dengan tangan kanan
  • Tata letak meja berada di sebelah kanan

b.      Garpu/fork

  • Dipergunakan untuk menusuk dan menyuapkan makanan ke dalam mulut
  • Apabila dipergunakan perpasangan dengan sendok maupun pisau maka garpu dipegang tangan kiri
  • Adakalanya satu jenis makanan hanya memerlukan garpu saja sebagai alat makan,contohnya Shrimp Cocktail
  • Tata letak meja ada di sebelah kiri

c.       Pisau/Knife

  • Dipergunakan untuk memotong makanan dan bukan untuk menyuapkan makanan ke dalam mulut
  • Dalam penggunaannya dipegang dengan tangan kanan
  • Tata letak meja ada di sebelah kanan
  1. PENGETAHUAN MENU

•      Buffet,(Pilih Menu)Daftar makanan yang tersedia

•      Per menu

1.      MENU SKELETON

1.      APPETIZER

  • Berfungsi sebagai makanan pembuka untuk menimbulkan selera makan karena itu porsinya kecil
  • Rasanya manis,asam,asin,sedikit kering di mulut
  • Setelah selesai cutleries diletakkan searah jarum jam 5 / sebelas dalam keadaan terbuka atau sejajar dipiring sebelah kanan lurus dan terbuka

2.      SOUP

1.      Makanan yang mengandung cairan dan berfungsi sebagai makanan penyela

2.      Pada umumnya sop disajikan panas dan mangkuk tertelinga dua

3.      Untuk mendinginkan sop diaduk aduk secara perlahan lahan dengan sendok yang telah disediakan

4.      Jangan mendinginkan sop dengan ditiup,sebab apabila ditiup terlalu keras akan mengenai yang lainnya

5.      Cara menyendok soup dari arah dalam terus keluar,tempelkan bagian bawah soup spoon ke bibir soup cup agar tidak menetes

6.      Apabila soup tinggal sedikit untuk menyendoknya dianjurkan untuk memiringkan terlebih dahulu mangkuknya

7.      Roti juga bisa dimakan bersamaan dengan soup,tapi jangan dimasukkan ke dalam mangkuk

8.      Setelah selesai soup spoon diletakkan disamping kanan soup cup diatas saucer

3.      MAIN COURSE

  • Merupakan hidangan utama
  • Porsinya besar dan mengenyangkan
  • Berupa daging,kentang,mie atau sumber karbohidrat lainnya
  • Dihidangkan ke dalam keadaan panas

4.      DESSERT

  • Sebagai makanan penutup
  • Rasanya manis dan menyegarkan
  • Berupa buah potong,juice,puding atau es buah dan es cream

2.      MENU A La CARTE     

1.      jumlah dan macam hidangannnya tidak terbatas,beraneka ragam dan bervariasi

2.      masing masing macam hidangannya mempunyai harga tersendiri

3.      hidangan disiapkan disiapkan / dimasak berdasarkan pesanan atau kalau ada pesanan

  1. MENU MINUMAN
  • Dalam jamuan makanan resmi,minuman biasanya disajikan sebelum makanan utama
  • Minuman yang biasanya disaajikan adalah air es,minuman ringan dan cocktail
  1. Coffe
  • Sebagai minuman digestif berfungsi untuk memperlancar pencernaan, dikarenakan sebelumnya perut didiisi dengan makanan yang berkalori tinggi
  • Disarankan tanpa gula/tawar
  • Aperitif wine
  • Red wine
  • White wine
  • Rose wine
  • Sparkling wine
  1. Wine
  1. Tea (Party Tea)

Selama mengikuti party tea ada beberapa etika yang harus diperhatikan diantaranya adalah :

1.    Selama mengikuti party tea, memperbolehkan anda menggunakan tangan untuk mengambil makanan, tetapi sebaiknya bila rasanya akan menimbulkan kesan berantakan, sebaiknya gunakan garpu untuk mengambil makanan.

2.     Jika ada beberapa makanan tersaji diatas meja, sebaiknya perhatikan urutan makanannya. Yang pertama dimakan adalah kue atau muffin, kemudian sandwich dan yang terakhir adalah yang rasanya manis-manis

3.    Untuk memakan kue kering tau muffin, potong-potong sesuai ukuran yang akan dimakan, kemudian diberi selai atau butter diatasnya. Anda juga bisa menambahkan cream atau almond setelah diberikan selai. Cream-nya dioleskan untuk kue kering atau muffin dan bukan untuk teh.

4.    Untuk makan sandwich makanlah perlahan-lahan dan selesaikan dengan ukuran mulut. Jangan makan terlalu banyak sehingga memenuhi mulut.

5.    Jika ingin memberikan gula pada teh, hati-hati untuk tidak mencelupkan sendok dari tempat teh atau tempat gula ke dalam teh. Sendok yang ada tempat gula tidak boleh mengenai air teh.

6.    Mengaduk gula atau susu dengan sendoh teh, dan kemudian tempatkan sendok teh pada tempatnya.

7.    Ketika minum teh,bawa cangkir dan tatakan kedekat dagu, kemudian ambil cangkir tehnya untuk kemudian diminum.

8.    Jika tehnya masih dalam keadaan panas, jangan meniup-niup teh. Biarkan cangkir teh di meja dan biarkan hingga dingin.

9.    Dalam minum teh, biarkan teh yang menghampiri mulut. Jangan bibir kita yang maju untuk meminum teh.

10.                        Teh dapat disajikan didalam poci,dibagi-bagikan tehnya kepada masing-masing orang atau tuan rumah menyajikan teh kantong. Jika tuan rumah menyajikan teh kantong,sebaiknya kantong teh yang telah dipakai langsung dibuang pada kantong sampah yang telah disediakan.

  1. ETIKA JAMUAN DI BEBERAPA NEGARA
    1. Jerman
      -Berdirilah hingga anda dipersilahkan duduk di salah satu kursi.
      -Jangan meletakkan siku anda di atas meja.
      -Jangan mulai makan jika tuan rumah belum mempersilahkan anda.
      -Makanlah dengan gaya kontinental (pisau di tangan kanan, garpu di tangan kiri).
    2. China
      -Tamu kehormatan duduk di kepala meja atau menghadap pintu
      -Jangan menghabiskan minuman anda terutama miras) jika anda tidak ingin gelas anda  terisi kembali
      -Menyeruput sup dengan bersuara berarti menunjukkan rasa terimakasih anda pada tuan rumah
      -Minumlah setelah anda melakukan “Toast” dg orang lain,minum terlebih dahulu dengan sendirinya akan dianggap tidak sopan
    3. Turki
      -Anda boleh berbicara selagi makan, karena bagi orang turki makan adalah acara sosial
      -Kepala keluarga atau tuan rumah, atau orang yang lebih tua akan dilayani terlebih dahulu
      -Bila anda mengajak makan di restoran berarti anda lah yang harus membayar
    4. Korea
      -Dahulukan orang yang lebih tua
      -Cicipi makanan yang berkuah terlebih dahulu,seperti sup/kimchi
      -Jangan menggunakan dua alat makan sekaligus, bila menggunakan sendok,letakkan sumpit anda.
      -Makanlah tanpa bersuara
      -Jangan angkat mangkuk sup/nasi anda dengan tangan ketika makan
    5. Jepang
      -Tamu kehormatan duduk di kepala meja dan duduk paling jauh dari pintu
      -Jika menggunakan sumpit,jangan gunakan sumpit untuk menunjuk
      -Jangan tusuk makanan anda dengan sumpit

-Letakkan sumpit anda jika ingin minum.
-Anda diperbolehkan mencicipi semua makanan yg tersedia.
-Bila disediakan handuk lembab, gunakan itu untuk mengelap tangan sebelum makan.

  1. Portugal
    -Makanlah dengan gaya kontinental.
    -Letakkan tangan anda, buka siku anda di atas meja.
    -Sebagian besar hidangan dimakan dengan menggunakan alat makan, termasuk buah dan keju.
    -Letakkan serbet di sebelah kiri piring, jangan di pangkuan anda.
    -Jika telah selesai makan, pindahkan serbet ke sebelah kanan piring.
    -Sisakan sedikit makanan jika anda telah selesai makan.
  2. Timur Tengah
    -Makanlah dengan tangan kanan.
    -Sisakan sedikit makanan di piring anda jika sudah kenyang, untuk mencegah tuan rumah menambahkan makanan ke piring anda.
    -Jika sudah selesai makan, ucapkan terimakasih dan pujilah masakan tuan rumah.
  3. Maroko
    -Cucilah tangan anda dengan air yang dituang ke dalam baskom yg telah tersedia.
    -Jangan mulai makan jika tuan rumah belum selesai berdoa.
    -Makanan disajikan dalam sebuah mangkok besar, ambillah apa yg ada di depan anda.
    -Ambil makanan dengan sekerat roti atau dengan tangan.
    -Jangan lap tangan anda dengan serbet, karena baskom cuci tangan akan disediakan setelah makan.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari yang sudah kita bahas dan pelajari dari etika perjamuan di atas dapat kita simpulkan bahwa etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control“, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,salah,baik,buruk dan tanggung jawab semua apa yang kita lakukan harus mentaati etika yang berlaku di dalam masyarakat.

Selain dalam etika bersopan santun kita juga harus bias menyesuaikan diri dalam perjamuan makan,perjamuan makan resmi ataupun nonformal. Bagaimana kita bertata busana dan cara makan yang baik dan benar semua sudah di atur dalam etika yang berlaku.

Dari uraian-uraian di atas dapat di ketahui bahwa pengetahuan tentang etika itu penting  dan harus di patuhi. Karena bila etika tidak kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari maka seseorang akan di anggap menyalahi aturan dan bisa mendapat cemooh dari masyarakat sekitar.

Daftar Pustaka

Etika.(wikipedia) http://id.wikipedia.org/wiki/Etika(diakses online 20.05 tanggal

14 September 2011)

Etika Jamuan Bisnis

http://lifestyle.okezone.com/read/2009/05/27/198/223653/198/etika-jamuan-bisnis (diakses online 20.15 tanggal 14 September 2011)

 

Mahasiswa FISIP UNS D3 Manajemen Administrasi Diajari Table Manner.http://www.koranjitu.com/lifestyle/lensa%20jitu/lensa%20jitu/detail_berita.php?ID=1021(diakses online 20:35 tanggal 14 September 2011)

Etika Jamuan Makan Beberapa Negara

.http://stephanloe.blogspot.com/2011/02/shareetika-jamuan-makan-bbrp-negara.html(diakses online 20.38 tanggal 14 September 2011)

Etika dan Moral

http://ruxykherojj.wordpress.com/2008/10/14/114/ (diakses online 20.57 tanggal 14 September 2011)

 

Etika Profesi dan Protokoler

.http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.com/2008/03/macam-etika.html (diakses online  21.15 tanggal 14 September 2011)

 

SEKELUMIT TENTANG ETIKA JAMUAN MAKAN ALA BARAT . http://Epochtimes.co.id(diakses online 22:57 tanggal 14 September 2011)

 

Tips Etiket Etika

.http://tipsanda.com/2011/04/14/tips-etiketetika-pada-jamuan-bisnis(diakses online 21:45 tanggal 14 September 2011)

Etika dalam Jamuan Makan.

http://www.earlyedition.info/etika-dalam-jamuan-makan.html (diakses online 21:53 tanggal 14 September 2011)

5 thoughts on “Makalah Etika Jamuan

Leave a comment